Senin, 28 November 2011

PATRIOT

Pasti anda bertanya tanya, apa sih patriot itu? Patriot di esai ini bukan berarti patriot yang biasa anda dengar, disini patriot adalah akronim yang artinya Prestatif, Aktif, Tanggap, Kritis, Visioner, Tanggungjawab. Ya, itu merupakan sifat sifat yang sekiranya harus dimiliki oleh setiap mahasiswa, judul esai diatas mengharapkan kita untuk menjadi pribadi yang memiliki sifat sifat tersebut di dalam diri kita.
Lalu, apa manfaat bagi kita jika telah memiliki dan menerapkan sifat sifat diatas? Sebelum kita menggali sifat sifat tersebut ada baiknya kita mengetahui tujuan dari sifat sifat diatas bukan? Tentunya banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita memiliki dan menerapkan seluruh sifat diatas, diantaranya adalah menjadi pribadi teladan, menjadi pribadi yang bertanggungjawab atas segala hal yang dilakukan, menjadi pribadi yang kritis terhadap perubahan perubahan yang terjadi di sekitar, menjadi pribadi yang selalu melihat kedepan atas apa yang akan dilakukannya, menjadi pribadi yang sadar akan kejadian kejadian di sekitar, banyak sekali bukan manfaatnya? Maka dari itu mari kita bahas satu per satu makna dan esensi dari sifat sifat diatas.
Pertama yaitu Prestatif, apa itu? Yang jelas adalah sifat yang haus akan prestasi, selalu berusaha dan mencoba lebih baik dari apa yang telah dilakukan sebelumnya untuk mencapai prestasi yang baru, serta menyukai tantangan. Tentunya anda ingin kan memiliki sifat prestatif? Sifat ini merupakan hal positif bagi kita untuk mencoba sesuatu dan mengambil prestasi dari sesuatu tersebut, namun jika anda terlalu prestatif, hal ini juga tidak baik, karena kita juga harus memikirkan aspek lain, tidak hanya prestasi, kita juga harus mengetahui dan mempertimbangkan limit diri kita, tidak hanya terus mencoba tanpa berpikir terlebih dahulu.
Kedua yaitu Aktif, apa itu? Aktif adalah sifat seseorang yang selalu ingin berperan dalam segala kegiatan, sifat ini sangat positif karena kita bisa menyalurkan kemampuan dan kelebihan yang kita miliki untuk membantu orang lain, selain itu kita juga bisa menambah kemampuan kita dari pengalaman mengikuti berbagai kegiatan tadi, ada kalanya juga sifat aktif yang berlebihan menjadi bumerang bagi kita, yaitu tidak disenangi orang lain karena terlampau aktif mencampuri kegiatan orang lain meskipun niatnya hanya membantu orang tersebut.
Ketiga yaitu Tanggap, apa itu? Tanggap adalah sifat yang menguntungkan orang di sekitar kita, kita tanggap jika orang lain membutuhkan sesuatu dari kita, manfaat dari sifat ini adalah kita menjadi orang yang peka terhadap lingkungan sekitar kita, menumbuhkan rasa saling memiliki dalam diri kita, ada kalanya juga sifat tanggap yang berlebihan menjadi buruk, yaitu kita menjadi terlalu perasa, ketika orang disekitar kita tidak sedang membutuhkan kita, kita malah ingin mencampuri urusan mereka karena kebiasaan kita, hal ini justru mengganggu orang di sekitar kita.
Keempat yaitu Kritis, apa itu? Adalah sifat yang cepat tanggap atas perubahan atau sesuatu yang tidak sesuai dengan yang semestinya, sifat ini sangat bagus untuk memberi feedback positif maupun negatif kepada orang yang berwenang atau memiliki kekuasaan, sifat ini bisa mengubah dunia menjadi lebih baik, karena seseorang pasti memerlukan kritik dan saran dari orang lain untuk memperbaiki kinerja mereka. Tapi jika sifat kritis ini terlalu berlebihan, sifat ini menjadi negatif, karena kita akan selalu protes terhadap hal hal terkait, kita akan selalu merasa kurang akan kinerja seseorang, kita menjadi orang yang semaunya sendiri karena berpikiran terlampau kritis.
Kelima yaitu Visioner, apa itu? Visioner yaitu sifat yang selalu melihat kedepan, melihat kemungkinan kemungkinan yang akan terjadi setelah melakukan sebuah perbuatan, sifat ini sangat positif, karena kita selalu memikirkan akibat dari apa yang kita perbuat, membuat kita selalu berpikir sebelum bertindak, menjadikan seluruh tindakan kita tidak ada yang sia sia, namun jika sifat visioner ini berlebihan juga akan menimbulkan hal negatif dalam diri kita, yaitu kita selalu berpikir kedepan dan melupakan pengalaman yang telah kita dapatkan, kita jadi selalu berpikir kedepan dan tidak memikirkan hal negatif yang akan terjadi ketika akan melakukan sesuatu, kita jadi tidk memikirkan masa sekarang yang juga perlu perhatian.
Keeenam yaitu Tanggungjawab, apa itu? Yaitu rasa bertanggung jawab terhadap semua hal yang pernah dilakukan, rasa menanggung akibat dari apa yang dilakukan positif maupun negatif, hal ini sangat positif karena kita menjadi seseorang yang tidak cuek atas apa yang telah kita perbuat, kita menjadi lebih berhati hati sebelum melakukan sebuah perbuatan, semua hal positif pasti ada sisi negatifnya, jika kita terlampau bertanggungjawab, bisa bisa kita melupakan tanggungjawab kita yang sesungguhnya, kita seolah olah bertanggungjawab atas hal hal yang seharusnya bukan tanggungjawab kita.
Seluruh hal positif, jika dilakukan secara berlebihan pasti menimbulkan hal yang negatif, maka dari itu hendaknya kita bisa mengetahui porsi kita dari setiap sifat diatas dan mengintegrasikannya menjadi satu sifat yang benar benar positif dan seimbang.
Terima Kasih, salam PATRIOT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar